ListiclePCTekno

10+ Emulator Android Ringan Untuk PC/Laptop Terbaik di Tahun 2021

Saat ini android tidak hanya dapat dijalankan pada smartphone saja, tetapi bisa dijalankan di Sistem Operasi Windows. Dengan menginstall emulator android terbaik dan ringan untuk laptop, kamu sudah bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game android seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, Instagram, dan lain sebagainya.

Hal ini sangat membantu bagi gamers yang kurang puas dengan layar smartphone yang tergolong kecil.

Nah, kali ini kami akan memberikan daftar rekomendasi emulator android terbaik dan ringan 2021. Apa saja itu? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.


Rekomendasi Emulator Android Ringan Untuk PC dan Laptop Terbaik di Tahun 2021


1. Nox

Emulator Android Terbaik - Nox

Bagi kamu yang pernah menginstall emulator android pasti pernah mendengar nama Nox? Ya, emulator android yang satu ini memang menjadi primadona banyak gamers karena memiliki kecepatan yang stabil.

Nox emulator juga terus dioptimisasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna (user experience) yang lebih baik. Selain itu, Nox juga memfasilitasi kamu untuk membuka banyak game dan aplikasi secara bersamaan.

Untuk menjalankan emulator ini, setidaknya laptop atau pc kamu membutuhkan spesifikasi menengah serta minimal RAM sebesar 2GB atau 4GB agar mendapatkan perfoma maksimal.


2. Blue Stack

Emulator Android Terbaik - Blue Stack

Nama Blue Stack memang familiar dikalangan para gamers, dan ini adalah salah satu emulator android terbaik yang direkomendasikan oleh banyak orang.

Dari segi interface, Blue Stack lebih unggul karena sangat ramah dan mudah dipahami. Selain itu, perfoma yang dimilikinya sangat baik, stabil, serta bisa melakukan pengaturan lokasi.

Nampaknya developer terus melakukan pembaruan pada Blue Stack agar dapat mengikuti update versi Android terbaru.

Untuk menjalankan Blue Stack dengan baik, kamu membutuhkan spefisikasi PC yang mumpuni serta dukungan RAM sebesar 4GB.

Baca: Cara install Mobile Legends di PC/Laptop dengan lancar


3. Tencent Gaming Buddy

Emulator Android Terbaik - Tencent Gaming Buddy

Nama Tencent Gaming Buddy mulai terkenal dikalangan para gamers setelah hadirnya game Battle Royale populer yaitu PUBG Mobile.

Emulator tersebut merupakan emulator android yang dikembangkan langsung oleh Tencent untuk kamu yang ingin memainkan game PUBG Mobile di PC.

Dikarenakan Tencent Gaming Buddy ini difokuskan untuk bermain PUBG Mobile, jadi penggunaannya terhadap PUBGM tergolong lebih bagus dan sangat mudah di setting.

Namun jika kamu berfikir bahwa emulator ini hanya dapat menjalankan PUBG Mobile saja, kamu salah besar. Di internet sudah bertebaran mengenai cara memainkan game lain di emulator Tencent Gaming Buddy, bahkan tampilan home emulator ini bisa untuk memilih game Mobile Legends.


4. MeMu

Emulator Android Terbaik - Memu

MeMu emulator android hadir dengan kecepatan dan kelancaran yang hampir sama dengan emulator besar lainnya seperti Blue Stack, Nox, Tencent Gaming Buddy, dan lainnya.

Dari segi perfoma serta kecepatan mungkin MeMu masih bisa dianggap unggul. Namun, dari segi grafik tentu masih ada emulator lain yang dapat kamu jadikan alternatif.

MeMu sendiri memiliki keunggulan diantara emulator lainnya yang terletak pada processing support, MeMu mendukung dua merek processor sekaligus yakni Intel dan AMD. Hal tersebut menjadi kabar baik bagi pengguna AMD sebab tidak banyak emulator optimize untuk processor tersebut.


5. KoPlayer

Emulator Android Terbaik - KoPlayer

Miliki perfoma yang baik, ringan, dan cepat. Menjadikan KoPlayer ini sebagai salah satu emulator android terbaik saat ini.

Meskipun KoPlayer ini tergolong baru, namun emulator yang satu ini sangat terken dan kayak akan fitur serta sudah support nyaris 99% game di PlayStore.

Selain itu, kamu juga dibebaskan mengatur tampilan grafik emulator ini mulai dari pengaturan grafik adaftif hingga resolusi. Untuk menjalankan KoPlayer di PC, kamu hanya membutuhkan minimum memori sebesar 512mb saja.


Rekomendasi Emulator Android Ringan Untuk PC dan Laptop


1. Bliss

bliss emulator

Berbeda dengan yang lain, Bliss merupakan salah satu emulator android yang cukup unik. Selain emulator ini dapat berjalan dengan normal, ditambah updatenya yang terbilang rutin. Bahkan, Bliss dapat berjalan hanya dengan mencolokkan USB yang diisi dengan emulator itu sendiri.

Namun step-step untuk menjalankan Bliss dengan USB perlu kamu pelajari lagi, dibilang mudah tidak, dibilang susah juga tidak.

Untuk menginstall emulator ini, kamu tidak memerlukan spesifikasi PC yang tinggi. Bliss sendiri juga sudah mendukung dual boot jika kamu ingin kembali menggunakan windows, kamu tinggal switch kembali ke Sistem Operasi Windows.


2. YouWave

youwave

Jika emulator diatas memiliki tampilan serta spesifikasi minimal yang tergolong sedikit berat, justru YouWave hadir bagi komputer yang memiliki spesifikasi kentang.

Dari tampilannya saja YouWave memang terlihat jadul. Tetapi emulator ini sudah mendukung berbagai aplikasi yang diinstal langsung melalu PlayStore maupun mentahan file apk.

Nah, bagi kamu yang memiliki spesifikasi PC rendah namun ingin mencicipi game dan aplikasi android di PC, YouWave sangat cocok buat kamu.


3. Droid4X

droid4x

Emulator yang satu ini bisa dibilang sangat klasik namun masih relevan untuk digunakan di tahun ini.

Meskipun emulator ini dapat dibilang menjadi salah satu Prodigy pada masanya, karena memiliki tampilan yang sederhana, serta bisa bermain game-game android ringan, dan juga mudah dalam membuka aplikasi multitasking seperti Instagram dan browsing. Namun sayangnya, Droid4X sendiri dalam tahap pengembangan lagi, sehingga emulator ini tidak mendapatkan pembaruan untuk kedepannya.


4. Windroye

windroye emulator

Windroye adalah salah satu emulator android yang memiliki nama besar karena keunggulannya.

Emulator ini dikenal sebagai emulator paling ringan yang ada hingga saat ini, saking ringannya, kamu akan seperti menjalankan aplikasi Windows.

Hal tersebut dikarenakan Windroye adalah emulator android pertama yang dibuat layaknya kernel Windows.

Windroye tersedia untuk versi Windows 7, 8, dan 10. Emulator ini sangat kami rekomendasikan buat kamu yang memiliki PC dengan spesifikasi kentang.


5. AMIDuOS

amiduos emulator

AMIDuOS mungkin cocok bagi kamu seorang pekerja atau orang-orang yang memiliki keseharian dengan dokumen-dokumen.

Namun sayangnya, untuk menikmati AMIDuOS dengan versi Lolipop ini kamu diharuskan untuk membeli lisensi emulator itu sendiri, sedangkan untuk gratis masih dapat dinikmati dengan versi Jelly Bean.

Memang emulator ini tak kami sebutkan bahwa AMIDuOS menjadi salah satu emulator yang difokuskan untuk bermain game, namun untuk memainkan berbagai game android tidak menemui kendala-kendala yang krusial.


6. PrimeOS

primeos emulator

Secara konseptual PrimeOS memang dapat dibilang emulator, karena ia mensimulasikan Sistem Operasi Android di Windows. Tetapi mekanisme yang digunakan oleh emulator tersebut cukup berbeda dari kebanyakan emulator lainnya.

Emulator android yang satu ini sangat cocok bagi kamu yang membutuhkan produktifitas dan gaming terutama FPS, sebab PrimeOS menyediakan fitur krusial layaknya Gaming Center yang bisa mendeteksi Keyboard dan Mouse. Selain itu multi-tasking PrimeOS juga sangat terasa dan mudah.


Itu dia emulator Android yang bisa kamu jadikan rekomendasi untuk bersosmed atau bermain game Android di PC. Beberapa emulator diatas memiliki masing-masing kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu simak dan perhatikan.

 Jangan lupa follow akun media sosial kami untuk mendapatkan info terbaru seputar game.

Tunggu rekomendasi kami selanjutnya ya.

Fendy Pradana
Yang suka anime like