News

Dragon Quest 12: Flames of Fate Resmi Diumumkan!

dragon quest 12

Dalam rangka merayakan ulang tahun ke-35, Square Enix akhirnya mengumumkan Dragon Quest XII yang menjanjikan untuk menjadi lebih baik dari entri sebelumnya.

Di tahun ini, Dragon Quest bergabung dengan The Legends of Zelda, Castlevania, dan Metroid dalam merayakan hari ulang tahunnya yang ke-35.

Dalam kesempatan tersebut, Square Enix baru saja mengadakan presentasi yang menampilkan sejumlah judul yang akan datang dan saat ini tengah dalam pengembangan untuk waralaba di seluruh platform mobile dan konsol yang dipandu oleh pencipta seri Yuji Horii.

Baca: Crystal Dynamics Dikabarkan Buka Studio Baru di Austin, Texas

Dengan penutupan, Squaren Enix akhirnya mengumumkan seri berikutnya yang telah lama ditunggu-tunggu oleh penggemar, yakni Dragon Quest 12: The Flames of Fate.

Dragon Quest merupakan seri RPG Jepang yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1987 di Famicom (NES) dan dengan cepat menjadi salah satu pelopor genre RPG, menjadi salah satu RPG konsol mainstream pertama yang pernah dibuat dan menjadi dasar untuk semua genre JRPG.

Serial ini telah menjadi fenomena budaya di Jepang dengan menginspirasi banyak manga, anime, dan adaptasi film yang biasanya direferensikan di media lain, termasuk baru-baru ini dalam seri Yakuza Sega.

Judul utama terakhir adalah Dragon Quest 11: Echoes of an Elusive Age yang pertama kali dirilis pada tahun 2017 lalu dan telah menerima rilis ulang dengan peningkatan yang lebih baik.

Baca: Sony Bantah Tengah Mengerjakan Film God of War

Selama prensentasi, Square Enix mengungkapkan bahwa ada 6 judul Dragon Quest yang akan datang, termasuk pembuatan ulang Dragon Quest 3 dari tim di belakang Octopath Traveler, perluasan baru untuk MMORPG Dragon Quest 10 khusus Jepang, spin-off yang menampilkan anggota party Dragon Quest 11 dan masih banyak lagi.

Presentasi diakhiri dengan pengumuman sekuel utama Dragon Quest yang telah lama ditunggu-tunggu oleh fans selama bertahun-tahun, yaitu Dragon Quest: The Flames of Fate yang akan menjadi game garis utama berikutnya dalam seri RPG.

Meskipun game tersebut dikemabngakan beberapa tahun yang lalu, namun detail mengenai Dragon Quest XII cukup unik. Menariknya, Yuji Horii mengungkapkan bahwa The Flames of Fate akan menjadi game Dragon Quest yang lebih dewasa dan dia menyebut game tersebut “Dragon Quest for adult”, ya mungkin ungkapan tersebut bahwa gamenya ditujukan untuk orang dewasa.

Tak hanya itu, dia juga mengatakan bahwa akan ada beberapa perubahan pada turn-based command system, namun tidak merinci apakah ini akan menjadi perombakan pertempuran lengkap atau apakah Dragon Quest akan mengikuti konsep Final Fantasy ke arah yang lebih fokus pada action.

Baca: Player Minecratf Bagikan Penemuan Mengejutkan Tentang Penampilan Asli Creeper!

Horii beberapa kali mengklaim bahwa Dragon Quest 12: The Flames of Fate akan sangat fokus pada pilihan pemain dengan “fate” karakter menjadi inti tema game tersebut.

Beberapa fans telah mencatat bahwa deskripsi Horri tentang pengambilan keputusan mungkin terkait dengan kemalinya sistem jobs dari Dragon Quest 9, yang memungkinkan pemain untuk membuat karakter khusus dan bermain bersama secara online sebagai bagian dari sebuah pesta.

Selain itu, tidak ada informasi lagi yang kami ketahui terkait Dragon Quest XII. Horii juga menolak berkomentar tentang platform apa saja yang akan tersedia untuk gamenya dan tanggal perilisannya.

Baca: Metro Exodus PC Enhanced Edition Kini Support Controller DualSense

Dragon Quest XII: The Flames of Fate saat ini tengah dalam pengembangan. Ikuti terus Hobigame.id untuk mendapatkan berita terbaru seputar game. Follow juga akun sosial media Hobigame agar kamu gak ketinggalan update.

Aldy Bhule
Icha Icha Tactics..