News

Viral Usai Lawan Pecatur Indonesia, Berikut Profil GothamChess

Baru-baru ini GothamChess jadi perbincangan hangat oleh netizen Indonesia. Hal tersebut terjadi setelah GothamChess duel catur dengan pria asal Bandung, Indonesia yang bernama Dadang SUbur.

Dalam laga online yang digelar di situs chess.com, Dadang menang melawan GothamChess. Pasalnya, ajang tersebut disiarkan secara langsung melalui platform streaming Twitch.

Pasca kekalahan yang diterima oleh GothamChess, fans GothamChess kemudian menuduh bahwa Dadang saat itu bermain curang dan me-report akunnya.

Kisah tersebut dibagikan anaknya, Ali Akbar, dan dia membantah bahwa ayahnya tidak bermain curang. Menurut ketengannya, ayahnya adalah mantan anggota PERCASI dan sering mengikuti berbagai gelaran catur.

Baca: Dynasty Warrior 9: Empires Resmi Ditunda

Setelah viralnya kejadian tersebut, tak sedikit orang yang kepo dengan profilnya GothamChess. Nah, buat kamu yang penasaran, yuk langsung simak saja dibawah ini.

Siapa itu GothamChess?

gothamchess
Foto: YouTube – GothamChess

GothamChess dengan nama asli Levy Rozman, seorang pecatur kelahiran Brooklyn, New York, Amerika Serikat pada 5 Desember 1995. Dia mulai bermain catur saat usianya menginjak 6 tahun.

Menurut saya, elemen terbesar adalah elemen sosial. Bermain catur, bersosialisasi, dan saya bisa melakukan apa yang saya lakukan di kelas pada siang hari, sangat asyik,” tuturnya dalam wawancara oleh AOL di segmen “In The Know”.

Pada usianya yang ke-7, Levy mulai mengikuti berbagai ajang turnamen catur hingga dirinya meraih gelar Master Nasional pada 2011 lalu lewat Federasi Catur Amerika Serikat, FIDE Master 2016, dan International Master pada 2018 lalu.

Saya memainkan turnamen pertama saya ketika saya berusia tujuh tahun, dan saya hanya bermain sejak itu,” ujaranya, dikutip dari situs Salon.com.

Saat itu, GothamChess sering melakukan pertandingan dan menyiarkannya di platform YouTube dan Twicth. Dia juga merupakan salah satu channel catur populer di YouTube.

Disamping itu, Levy bekerja sama dengan Chess.com pada 2017 dan dia juga sering berperan sebagai komentator di beberapa ajang kompetisi, seperti Candidates Tournament 2020 dan PogChamps.

Fendy Pradana
Yang suka anime like