NewsXbox Series

Xbox Series X Dukung Teknologi FidelityFX Super Resolution

AMD akan merilis FidelityFX Super Resolution, pesaing DLSS Nvidia nampaknya bukan sekedar rumor belaka. Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari situs IGN, bahwa Microsoft telah mengonfirmasi terkait teknologi supersampling baru AMD akan mendukung konsol next-gen, Xbox Series X/S.

“Di Xbox, kami senang dengan potensi teknologi AMD FidelityFX Super Resolution sebagai metode hebat lainnya bagi pengembang untuk meningkatkan framerate dan resolusi. Kami akan segera membagikan lebih banyak hal ini,” kata juru bicara Microsoft dalam wawancara IGN.

FidelityFX Super Resolution Dapat Meningkatkan Resolusi dan Framerate

Xbox Series X/S yang mendukung teknologi FidelityFX Super Resolution akan bermanfaat bagi pemilik konsol generasi kesembilan buatan Microsoft untuk mencapai framerate yang lebih tinggi pada game yang berjalan. Dan menariknya lagi adalah, tidak ada satu pun kekuatan kinerja ekstra yang digunakan untuk mencapai peningkatan teknis tersebut.

Kami tahu bahwa kabar baik ini tidak mengejutkan, sebab Microsoft sendiri telah mengumumkannya sejak Game Stack Live berlangsung, mereka memasukkan alat FidelityFX ke dalam kit pengembangan untuk Xbox Series X/S.

Dengan begitu memungkinkan developer untuk memanfaatkan optimasi platform-centric dengan AMD FidelityFX langsung dari kit pengembangan yang membantu meletakkan dasar untuk dukungan FidelityFX Super Resolution.

FidelityFX Super Resolution adalah teknologi supersampling yang dapat meningkatkan performa serta kualitas gambar untuk game yang mendukungnya.

FidelityFX Super Resolution nantinya akan tersedia empat mode peningkatan gambar: Ultra Quality, Quality, Balanced, dan Performance.

Masing-masing dari mode tersebut untuk mencapai kualitas gambar yang lebih tinggi atau meningkatkan frame rate dalam game.

fidelityfx super resolution
Foto: techpowerup

Tak seperti pesaingnya, DLSS milik Nvidia, yang menjadi teknologi peningkatan gambar dengan menggunakan AI untuk meningkatkan gambar dengan resolusi lebih rendah dan membuatnya muncul pada resolusi yang lebih tinggi tanpa memerlukan kinerja yang substansial, FidelityFX Super Resolution tidak memerlukan pembelajaran mesin.

Plus itu merupakan open source, artinya dapat mendukung kartu grafis selain VGA Nvidia, AMD, termasuk seri GTX yang lebih lama.

AMD memang mendemonstrasikan pengujian FidelityFX Super Resolution menggunakan Radeon RX 68000 XT dan Nvidia GTX 1060 yang menjalankan Godfall Gearbox Software pada setting grafis “Epic” dengan ray tracing diaktifkan, sehingga menunjukkan beberapa hasil menarik.

FidelityFX Super Resolution dijadwalkan meluncur pada 22 Juni untuk desktop dan laptop.

Baca: Fortnite Dapatkan Peningkatan Grafis, Berikut Spesifikasi PC yang Dibutuhkan

Ikuti terus Hobigame.id untuk mendapatkan berita terbaru seputar game. Follow juga akun sosial media Hobigame agar kamu gak ketinggalan update.